School Info
Tuesday, 18 Apr 1673
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
28 November 2022

Hari Guru Nasional 2022 – Peringatan dengan Perubahan Melalui Pendidikan Untuk Perubahan Peradaban

Mon, 28 November 2022 Read 86x Ponpes As-Syifa Sagalaherang

Guru merupakan pekerjaan yang begitu mulia dan utama karena mengajar demi menyebarkan ilmu adalah kewajiban setiap orang, bukan profesi sampingan. Dalam kesehariannya guru akan memaksimalkan segala usaha untuk menyampaikan materi sebaik mungkin agar mudah dipahami oleh para muridnya. Namun demikian, seorang guru juga hanya manusia biasa, bukanlah seorang raja. Tapi dengan kemampuannya ia mampu membentuk seseorang menjadi raja dan pemimpin peradaban yang mulia.

Kekuatan yang dimiliki oleh seorang guru mampu menjadikan anak didiknya sebagai contoh keteladanan, dengan kasih sayang dan keikhlasan yang ia berikan. Dengan segala usahanya itu, sejatinya guru tidak butuh ragam pujian atasa jasa-jasanya. Tapi yang guru butuhkan adalah kebijakan dari berbagai pihak agar profesi tersebut bisa mendapatkan kedudukan yang terhormat.

Pada tanggal 25 November, setiap tahunnya selalu menjadi momentum peringatan hari guru nasional di bangsa Indonesia ini. Peringatan yang diadakan dengan acara seremonial semata tidak menjadikan momen ini momen yang sakral, karena yang menjadi harapan dari peringatan ini adalah perubahan peradaban melalui pendidikan.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pendidikan merupakan proses mengubah sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan.Dengan pola mengajar yang baik dan berkualitas, seorang guru mampu mengembangkan potensi peserta didik, guna menjadi insan yang jujur, bertanggungjawab, cerdas dan yang paling utamanya menjadi manusia yang bertakwa.

Dengan pendidikan yang baik dan berkualitas, peserta didik akan memiliki kreativitas dan keahlian yang sesuai dengan basis kerjanya di masa mendatang. Inilah bukti dari pentingnya pendidikan, yang mampu membuat kepribadian manusia menjadi lebih terbuka, memanaje waktu dengan baik, mengola emosi dengan sangat bijak, bahkan bisa mandiri dalam hal finansial. Dari sudut pandang peserta didik, ia tidak membutuhkan guru yang sempurna. Tapi yang dibutuhkannya adalah guru yang bahagia. Karena mereka lah yang akan membuat para peserta didik bersemangat untuk berangkat ke sekolah dan belajar dengan penuh rasa cinta dan haus akan ilmu yang sedang dikejarnya.

Semoga setiap kebaikan dari para guru kita mengalirkan pahala dan ganjaran yang baik dari sisi Allah sehingga takkan pernah terputus segala amal salihnya.

Selamat Hari Guru 25 November 2022.
“Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar.”

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

Info Sekolah

MTs-MA As-Syifa Sagalaherang

NPSN 20404xxx
Jl Tenggeragung RT 004/006 Ds Sagalaherang Kidul, Kab. Subang Jawa Barat
PHONE +6281313222218
EMAIL admin@assyifasagalaherang.ponpes
WHATSAPP 6281313222218