School Info
Thursday, 20 Jun 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
1 June 2023

Ponpes Assyifa Sagalaherang Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Thu, 1 June 2023 Read 123x Blogs

Subang —Sebagai lembaga pendidikan yang telah meneguhkan diri menuju pusat peradaban dunia dengan mengembangkan budaya toleransi dan pemahaman Islam wasathiyyah maka Pesantren As-Syifa Sagalaherang terus membuktikan kiprahnya terlibat dalam urusan urusan kebangsaan. Salah satunya, pada momentum peringatan hari lahirnya pancasila tahun ini yang jatuh pada tanggal 1 Juni 2023 maka dilaksanakan upacara dan apel terpadu di lingkungan Pondok Pesantren As-Syifa Sagalaherang yang diikuti oleh segenap pengasuh dan seluruh santri secara terbatas.

Mereka menggelar upacara bendera lengkap dengan pembacaan teks Pancasila sebagaimana upacara pada umumnya. Namun, menariknya, mereka menggunakan seragam batik yang menunjukkan ciri khas kesantrian yang Nasionalis.

“Kami melaksanakan upacara peringatan hari lahir Pancasila ini, untuk menegaskan kepada para santri, bahwa kami ini, para santri, memiliki andil dalam merumuskan Pancasila,” ungkap pembina upacara Kyai Muflih CT.

Selain itu, lanjut Kyai Muflih, dalam amanahnya menyampaikan bahwa upacara peringatan Pancasila di pesantren juga ingin menegaskan bahwa Pancasila tidak bertentangan dengan nilai-nilai keislaman. Sampai saat ada beberapa gelintir umat Islam di Indonesia yang masih mempertentangkan antara Islam dan Pancasila.

“Pesantren sebagai salah satu simbol Islam di Indonesia, ingin menunjukkan bahwa Pancasila dan Islam itu bisa selaras,” paparnya.

Di pesantren tersebut, penguatan nilai-nilai kebangsaan dan Nasionalisme juga ditekankan. Tidak hanya berupa seremonial upacara, tapi dalam belajar mengajar sehari-hari juga diberikan materi-materi yang berkaitan dengan kebangsaan.

“Pancasila juga mencerminkan sikap kesederhanaan dan kekuatan, sehingga Santri harus bisa mengambil nilai-nilai ini, dan menjadikannya sebagai ilham untuk bersikap secara sederhana, namun tetap memiliki kekuatan yang luarbiasa untuk kepentingan dan kemanfaatan bagi agama, bangsa dan negara. “harapnya. (Fay)

 

This article have

1 Comment

Leave a Comment

 

Info Sekolah

MTs-MA As-Syifa Sagalaherang

NPSN 20404xxx
Jl Tenggeragung RT 004/006 Ds Sagalaherang Kidul, Kab. Subang Jawa Barat
PHONE +6281313222218
EMAIL admin@assyifasagalaherang.ponpes
WHATSAPP 6281313222218