School Info
Thursday, 30 May 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
10 November 2022

Ponpes As-Syifa Mengadakan Upacara Peringatan Hari Pahlawan

Thu, 10 November 2022 Read 255x Blogs

Dalam rangka memperingati Hari Pahlawan yang jatuh setiap tanggal 10 November,
Pondok Pesantren As-Syifa Sagalaherang menyelenggarakan Upacara Bendera pada kamis pagi (10/11) bertempat di Lapangan Madrasah.

Kyai Farhan Muhammad,Lc bertindak sebagai inspektur upacara di Tholibah, sementera Kyai Muflih, S.Ag bertindak sebagai inspektur upacara di Tholib.

Upacara bendera diikuti oleh seluruh santri dan juga guru serta pegawai pondok pesantren. Tema peringatan Hari Pahlawan tahun ini ialah, “Pahlawanku Idolaku”.

Dalam amanat yang disampaikan oleh inspektur upacara, disebutkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tidak akan bisa berdiri menjadi Negara yang merdeka berdaulat dan terhormat seperti saat ini tanpa perjuangan para pejuang, pendiri bangsa dan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa, raga, pikiran serta hartanya.

Menurutnya, perjuangan merebut kemerdekaan dan mendirikan NKRI membutuhkan ikatan persatuan dan kesatuan yang kuat. Komitmen para pejuang, pendiri bangsa dan para pahlawan untuk mempersatukan bangsa melahirkan sikap kepahlawanan, kesetiakawanan social serta menguatkan memori kolektif bangsa saat itu.

Sikap Kepahlawanan merupakan sebuah perwujudan tindakan pengorbanan yang penuh militansi sedangkan sikap kesetiakawanan social adalah perwujudan dari kepekaan social atau batin.Hal itu, lanjut Kyai harus dimaknai bukan hanya sekedar ungkapan saja, melainkan sebagai kekuatan moral yang dapat diterapkan di semua aspek kehidupan berbangsa dan bernegara untuk Indonesia.

Kyai Farhan menyebutkan dengan tema Pahlawanku Idolaku diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus, bahwa semangat juang dan semangat kebangsaan para pahlawan akan selalu terpatri di “dada” setiap insan Indonesia dan menjadi kebanggaan atau idola sepanjang masa. (fay)

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

Info Sekolah

MTs-MA As-Syifa Sagalaherang

NPSN 20404xxx
Jl Tenggeragung RT 004/006 Ds Sagalaherang Kidul, Kab. Subang Jawa Barat
PHONE +6281313222218
EMAIL admin@assyifasagalaherang.ponpes
WHATSAPP 6281313222218