School Info
Thursday, 20 Jun 2024
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
  • Ahlan Wa Sahlan di Web Ponpes As-Syifa Sagalaherang || Info PMB Ponpes Assyifa Sagalaherang KLIK DISINI
2 January 2024

Malam Spiritual dan Kebersamaan Pegawai Ponpes Assyifa Sagalaherang

Tue, 2 January 2024 Read 78x Blogs

Malam spiritual dan kebersamaan pegawai ponpes assyifa sagalaherang merupakan salah satu program sekolah yang ditujukan untuk guru dan civitas academica Pondok Pesantren Assyifa Sagalaherang. Program ini terinspirasi dari program Spiritual Leader yang diikut oleh para pimpinan Yayasan As-Syifa Wanareja beserta unit lain baik dari unit pendidikan maupun nonpendidikan di tingkat yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah.

Setelah mengikuti program Spiritual Leader yang diselenggarakan oleh pihak yayasan, kepala sekolah beserta para wakil kepala sekolah sangat terinspirasi oleh program tersebut yang bertujuan untuk meningkatkan ruhiyah dan ukhuwah sesama pimpinan antar-unit yang ada di bawah naungan yayasan As-Syifa Al-Khoeriyyah. Ketua yayasan menyampaikan bahwa untuk mewujudkan visi dan misi yayasan perlu ditunjang dengan kekuatan ruhiyah yang kuat dan terjaga supaya ada nilai lebih yaitu keberkahan. Hal tersebut perlu dimulai dari para pimpinannya terlebih dahulu.

Para pimpinan menyadari bahwa pentingnya peningkatan ruhiyah untuk menunjang visi dan misi harus dimiliki oleh setiap elemen yang berada di bawah naungan yayasan Asy-Syifa Al-Khoeriyyah secara menyeluruh tanpa terkecuali. Akhirnya, dengan mengucapkan “Bismillah”, kegiatan serupa pun langsung direalisasikan di kalangan civitas akademika Ponpes Assyifa Sagalaherang yang dinamai “Malam Spiritual dan kebersamaan”.

Program Malam spiritual dan kebersamaan pegawai ponpes assyifa sagalaherang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan kualitas ruhiyah setiap pegawai. Selain itu, untuk meningkatkan ukhuwah antarpegawai yang ada di lingkungan Ponpes As-syifa Sagalaherang dimulai dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, musyif, musyifah, staf sampai ke petugas kebersihan atau kami kenal dengan sebutan CS. Semua posisi tersebut dipanggil dengan sebutan ustadz karena pada hakikatnya semua berperan penting dalam proses pendidikan di lingkungan ini dan sudah seharusnya memberikan suri tauladan yang baik untuk murid-murid, salah satunya dengan memiliki ruhiyah yang baik.

Berbicara ruhiyah tidak tersepas dari aktivitas ibadah dan kondisi hati seseorang. Kedua hal tersebut sangat dinamis kadang stabil, kadang meningkat, bahkan menurun kualitasnya. Hal ini sangat normal dalam kehidupan. Manusia hidup pada hakikatnya butuh asupan jasmani maupun rohani. Asupan jasmani diperlukan untuk kita bisa bertahan hidup, tumbuh, dan berkembang dari segi fisik, sedangkan asupan rohani diperlukan untuk kita bertahan dan berkembang dari segi mental atau nonfisik yang nantinya akan mempengaruhi bagaimana kita berpikir dan bagaimana kita bersikap. Hal tersebut juga tidak lepas dari peran hati yang menjadi barometer dalam berucap dan bertindak, baik di lingkungan kerja maupun lingkungan masyarakat pada umumnya dalam rangka menjalankan tugas utama kita selaku manusia yaitu beribadah kepada Allah Swt.

Program Malam spiritual dan kebersamaan pegawai ponpes assyifa sagalaherang hadir sebagai salah satu penunjang asupan nutrisi bagi hati para pegawai yang setiap hari selalu digunakan. Jika hati diibaratkan barang atau alat yang setiap waktunya dipakai tentu ada masanya dibersihkan atau dirawat supaya tetap bersih dan bisa digunakan dengan sebaik-baiknya sesuai fungsinya.

Allah Swt. berfirman dalam Q.S. Asy-Syu’ara ayat 88-89, “Pada hari tiada berguna harta dan anak-anak kecuali bagi orang-orang yang datang menghadap Allah dengan hati yang bersih.”

Ayat ini mengajarkan kita mengenai pentingnya memiliki hati yang bersih. Harta dan keturunan tidak akan bernilai di sisi-Nya, kecuali memiliki hati yang ikhlas dalam beribadah.

Selain itu, ada hadis yang menyampaikan pentingnya menjaga hati. “Sesungguhnya dalam tubuh itu terdapat segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah seluruh tubuh. Jika ia rusak, maka rusaklah seluruh tubuh. Ketahuilah bahwa ia adalah hati.” (Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut kita belajar bahwa hati merupakan pusat dari segala niat, perasaan, dan motivasi. Hati akan mempengaruhi keseluruhan kondisi tubuh dan perbuatan kita. Jika hati baik, maka baik pula seluruh tubuh dan perbuatan kita, begitu pun sebaliknya.

Program Malam spiritual dan kebersamaan pegawai ponpes assyifa sagalaherang diisi dengan kemasan yang membuat hati bersih dan tenteram. Hal ini dikarenakan isi dari kegiatan tersebut berisi aktivitas-aktivitas positif yang dilaksanakan pada salah satu waktu ijabah yaitu pada sepertiga malam. Aktivitas di dalamnya yaitu membaca Al-Quran, berdzikir, qiyamul lail, muhasabah, solat subuh berjamah, membaca almasurat, taujih/ tausiyah, dan diakhiri dengan sarapan bersama. Program ini sudah dimulai dari bulan Januari, tepatnya tanggal 02 Jan 2024 yang menjadi pembicaranya yaitu Mudir Pondok Pesantren Assyifa Sagalaherang, KH Farhan Muhammad,Lc.

This article have

0 Comment

Leave a Comment

 

Info Sekolah

MTs-MA As-Syifa Sagalaherang

NPSN 20404xxx
Jl Tenggeragung RT 004/006 Ds Sagalaherang Kidul, Kab. Subang Jawa Barat
PHONE +6281313222218
EMAIL admin@assyifasagalaherang.ponpes
WHATSAPP 6281313222218